Tuesday 25 September 2012

SMTown menggemparkan Jakarta

Bagi para penggemar K-Pop di Jakarta, SMTown Live World Tour III yang digelar Sabtu (22/09) di Gelora Bung Karno bisa jadi melegakan dahaga penggemar K-Pop di Indonesia yang ingin melihat idolanya dengan mata kepala sendiri. Setelah tampil di Jakarta di Super Show 4 pada April lalu, Super Junior kembali datang ke Jakarta, kali ini bersama rombongan artis yang sama-sama bernaung di bawah SM Entertainment.Ada Girls' Generation (SNSD), TVXQ, f(x), Kangta, BoA, SHINee, dan EXO.

Ribuan penonton telah memadati Gelora Bung Karno, baik yang duduk manis di tribun dan VIP, serta yang berdiri di bagian festival sehingga bisa lebih dekat dengan panggung. Di sisi kiri-kanan panggung, poster jumbo masing-masing artis SM Entertainment menutupi deretan kursi yang sengaja dikosongkan.  Pukul 18.30 WIB, jeritan membahana saat f(x) muncul membuka konser akbar itu dengan lagu "Hot Summer".

Gelora Bung Karno menjadi berwarna-warni dengan ribuan lightstick yang diacungkan dengan penuh energi. "Hot Summer" adalah lagu yang pas untuk menggambarkan suasana konser yang mulai menghangat, tidak hanya karena cuaca panas Jakarta tetapi juga penonton yang bersemangat. Walau tidak tampil komplet karena salah satu anggotanya, Sulli, berhalangan, Victoria, Amber, Krystal, dan Luna tetap tampil memukau dengan busana bernuansa biru itu.

Tiap kali wajah personil f(x) muncul di tiga layar besar yang tersedia, penonton berteriak lebih keras. Jeritan itu mengencang bila Amber muncul di layar, rapper yang tampil beda dari teman-temannya karena mengusung gaya tomboy. Usai membawakan "Hot Summer" dan "Pinocchio", f(x) segera digantikan Kangta yang membuat suasana lebih tenang dengan "Remember" yang mellow.

"Halo Indonesia! Selamat malam, saya Kangta."

"Mantap!" kata dia disambut riuhnya apresiasi penonton karena idolanya rela menghafal bahasa Indonesia demi mereka.

Seakan ingin membuktikan bahwa bukan hanya suaranya yang memukau, penyanyi kelahiran 10 Oktober 1979 itu melanjutkan aksi dengan lagu "Breaka Shaka" yang kental dengan unsur dance. Pria yang telah aktif di dunia hiburan sejak 1996 itu memperlihatkan gerakan tari yang tidak kalah keren dari para juniornya di SM Entertainment.

All in one

Dengan deretan artis yang beragam, SMTown memanjakan para penonton dengan menampilkan beragam kolaborasi dari tiap grup. Irama hip hop "Like A G6" yang dipopulerkan Far East Movement menggemparkan stadion karena mereka dapat melihat idolanya mendendangkan lagu berbahasa Inggris. Kali ini, Key SHINee, Kris EXO, dan Amber f(x) yang menyanyikan lagu itu.

Kakak beradik Jessica SNSD dan Krystal f(x) pun unjuk suara menyanyikan lagu Katy Perry yang berjudul "California Gurls". Keduanya dengan fasih melantunkan lirik berbahasa Inggris itu karena mereka lahir di Amerika Serikat. Changmin TVXQ pun berduet dengan Kyuhyun Super Junior menyanyikan lagu "Just The Way You Are" milik Bruno Mars.

Para penonton pun ikut berdendang sambil sesekali histeris saat kedua pria itu memberi pelukan untuk seorang penggemar yang beruntung. SHINee yang tampil tanpa Minho pun banyak dibantu oleh anggota EXO yang menggantikan posisi anggota itu kala SHINee tampil. Begitu pula dengan BoA, saat menyanyikan lagu "Only One" dia ditemani oleh Taemin SHINee yang menari bersamanya.

Selain itu, para penonton juga dimanjakan dengan lagu-lagu yang dimodifikasi sehingga genrenya berubah. Sebut saja "Bonamana" dari Super Junior dan "Ring Ding Dong" SHINee yang diubah menjadi bernuansa rock.  Para artis SM Entertainment juga menampilkan lagu-lagu andalannya. Mereka juga berusaha berinteraksi dengan bahasa Indonesia.

"Selamat malam, saya Seohyun. Ayo main bersama," kata Seohyun, anggota termuda Girls' Generation dengan cukup fasih. Girls' Generation membawakan "Run Devil Run", "Genie", "Mr. Taxi", "Kissing You", dan "The Boys" yang sudah dihafal sebagian besar penonton.

Di sela pertunjukan, para penonton beserta anggota SNSD menyanyikan lagu "Happy Birthday" untuk Hyoyeon yang berulang tahun hari itu. Subgrup Girls'Generation, TTS alias Taeyeon, Tiffany, Seohyun juga tampil membawakan lagu "Twinkle". "Sorry Sorry" dari Super Junior disambut sangat meriah. Gelora Bung Karno yang awalnya dihiasi penlight berwarna-warni serentak berganti menjadi dominan biru.

Ajang ini menjadi temu kangen bagi para ELF--penggemar Super Junior-- yang sudah lama tidak melihat Kangin tampil. Personel tersebut memang baru bergabung lagi di grupnya setelah mengikuti wajib militer. Penampilan Super Junior merupakan salah satu aksi yang paling banyak mendapat reaksi meriah dari penonton di SMTown Jakarta.

"Assalamualaikum," sapa Leeteuk.

"Kami mencintai kalian," lanjut dia dalam bahasa Indonesia.

Shindong pun tidak lupa menyelipkan kata "terima kasih" di sela lagu "Oops" yang dinyanyikan bersama f(x). Para artis SM Entertainment dididik bertahun-tahun untuk bisa menyanyi dan menari. Dalam konser ini, perwakilan dari tiap grup yang dianggap paling jago menari pun unjuk gigi.

Victoria f(x) memamerkan tubuh lenturnya yang dilatih di Beijing Dance Academy disusul oleh Tao EXO-M yang menampilkan gerakan ala bela diri. Yunho, Eun Hyuk, Tae Min, Hyeyeon, Yuri, dan Yoona pun menampilkan kemampuan dance mereka. SMTown Live World Tour III menjadi ajang bagi para K-popers yang mencintai musik dari beragam generasi artis-artis SM Entertainment.

Generasi pecinta artis SM awal tahun 2000an terhibur dengan aksi BoA, Kangta, dan TVXQ yang tidak kalah enerjik dengan grup EXO yang aksi panggungnya dihiasi gerakan tajam penuh energi muda yang meluap-luap. TVXQ tampil memukau membawakan lagu-lagu yang dulu dipopulerkan saat anggotanya masih terdiri dari lima orang, yaitu "Mirotic" dan "Rising Sun".

Walau Changmin dan Yunho berhasil menampilkan lagu itu dalam versi TVXQ baru yang terdiri dari dua anggota, tak bisa dipungkiri lagu tersebut membuat sebagian penggemar merindukan keberadaan TVXQ saat belum terpecah. "Saya halusinasi mendengar suara Junsu di lagu Rising Sun," kata Rizuka (23) menyebut salah satu mantan personil TVXQ, Xiah Junsu yang kini membentuk JYJ bersama mantan personel TVXQ yang lain, Jaejoong dan Yoochun.

Konser akbar SMTown yang dipenuhi puluhan artis itu menyuguhkan penampilan penuh kejutan yang tidak kunjung henti. Kombinasi nyanyian merdu, gerakan dance yang enerjik, dihiasi air mancur, kembang api, confetti, dan efek visual membuat SMTown Live World Tour III lebih spesial.

Para artis muncul dan berinteraksi dengan penonton di berbagai tempat, di panggung utama, lalu berlarian ke koridor panggung berbentuk "Y" yang dipenuhi penonton festival yang berdiri berjam-jam serta panggung kecil yang berada di depan bagian VIP. Tiga layar jumbo dengan kualitas gambar high definition membuat penonton tribun yang jauh dari panggung dapat tetap menikmati pertunjukan.

Mereka juga tetap dimanjakan dengan adanya "panggung beroda" yang membuat para artis dapat mengelilingi arena konser mendekati penonton yang duduk di VIP dan tribun. "Performance-nya keren dan menarik. Panggung juga, apalagi ada perpindahan stage pake "mobil" yang masih jarang ada di konser Indonesia," kata Maya Safira (23) yang datang demi mewujudkan mimpinya bertemu Kangta, idola yang digilainya sejak bertahun-tahun lalu.

"Sepaket lah semua, rugi banget kalo nggak nonton. Artisnya banyak, tempatnya gede, efeknya keren,gambar LCD juga kualitasnya jernih banget. Pokoknya tahun depan harus ada lagi," kata Varyzcha Tanjung (23) yang duduk di bagian VIP seharga Rp2.500.000.

Konser berisi 46 lagu berdurasi sekitar 3,5 jam ditutup dengan penampilan seluruh artis SM Entertainment yang membawakan "Hope", tradisi yang juga dilakukan di konser SMTown sebelumnya. Para idola Korea itu menyusuri panggung seraya melambaikan tangan tanda salam perpisahan.  Kangta pun kembali meneriakkan kata yang sudah diucapkannya sejak dia menginjak panggung di Gelora Bung Karno.

No comments:

Post a Comment