Friday 14 September 2012

PON RIAU 2012: Tim Sepak bola Papua kalahkan Jabar 1-0


PEKANBARU: Tim Papua mengalahkan Jawa Barat 1-0 (0-0) pada pertandingan pertama babak enam besar cabang sepak bola PON XVIII/2012 di Stadion Kaharudin Nasution Rumbai RIAU, Kamis. Gol kemenangan Papua dicetak oleh Ronald Setmot menit ke 69 memafaatkan umpan silang Hendrick Makuba dari sektor kiri pertahanan tim Jabar.
Berdasarkan hasil pertemuan teknik, babak enam besar dibagi ke dalam dua grup yakni grup D yang terdiri dari Jabar, Papua dan Kaltim. Sedangkan grup E terdiri dari Jateng, Jambi dan Sumut. Gelaran babak enam besar pada Kamis petang terpaksa diundur waktu pelaksanaanya karena pertandingan babak enam besar baru ditetapkan melalui pertemuan teknik yang digelar Kamis pukul 12.00 WIB.

Pertandingan yang berlangsung mulai pukul 18.00 WIB itu berlangsung dalam tempo sedang. Sepanjang 45 menit pertama kedua tim mengembangkan permainan, kendati Papua lebih mendominasi serangan pada awal babak pertama. Tanpa diperkuat striker Ruddy Geovani yang cedera, Jabar turun dengan duet penyerang Andrie Kurniawan dan Andrian Suci Ramdani.
Sebaliknya, Papua tampil dengan formasi lengkap dimotori Ayub Sakove dan Nelson Alom. Di lini depan ditempati Yohanes Nabar dan Hendrik Makuba. Sedikitnya tiga peluang emas diperoleh tim Papua, namun tembakannya masih bisa ditepis kiper Jabar, Cecep Sukandar, kedudukan babak pertama 0-0.
Memasuki babak kedua, Jabar langsung menggebrak melalui beberapa serangan melalui Andrean dan A Kurniawan. Namun hanya berselang sepuluh menit, giliran Papua menekan. Keputusan pelatih Jabar, Mustika Hadi melakukan pergantian pemain dengan memasukan Erwin Ramdhani menggantian Andrian membuahkan hasil dengan terciptanya beberapa peluang emas.
Sebaliknya Papua mampu menggebrak, melalui serangan balik yang dibangun dari sektor sayap kanan, menembus pertahanan Jabar. Sebuah umpan silang Hendrik Makuba diselesaikan tandukan Ronald Setmot yang gagal dibendung kiper Cecep Sukandar yang mengubah kedudukan menjadi 0-1 untuk Papua. Hingga pluit panjang dibunyikan, kedudukan tetap 0-1 untuk Papua.
"Hasil ini sangat positif bagi tim, ini buah dari kerjasama, komunikasi dan strategi main cepat kami efektif. Kuncinya kita bisa main cepat dan berani bermain terbuka," kata Pelatih Papua, Henky. Sementara itu pelatih Jabar, Mustika Hadi menyebutkan timnya kurang berani menekan, sehingga memberi ruang bagi Papua untuk menekan. Selain itu komunikasi timnya kurang maksimal pada pertandingan itu.
"Kunci laga ini keberanian menekan itu saja, tim kita terlambat untuk menekan sehingga Papua mendapat angin. Di sisi lain permainan keras lawan mengubah pola permainan tim untuk meladeni," kata Mustika Hadi. Namun secara umum pelatih Jabar mengakui gol kemenangan Papua bersih, dan akibat adanya ruang di lini belakang timnya.
Sementara itu pada partai kedua, bertanding tim Jambi melawan Sumatera Utara pukul 22.00 WIB.
Susunan Pemain Jabar: Cecep Sukandar (kiper), Yan Harjito, Asep Budi Santoso, Jajang, Syafriza Oktavian/ Asep Maulana, Septian Andriansyah/ M Darusman, Imam Syafii, Suhandi, M Kasim, Andre Kurniawan, Andrian Suci Ramdani/ Erwin Ramadhani. Papua: Mario FX Reyaan, Eljo Ernesto, Mukhlis Arnold Haay, Fandri, Jorgen Wayega, Elvis N Harewan/ Mariando, Ayub Sakove Kambuaya/ Jefri Haay, Nelson Alom, Ronald Setmot, Yohanes Nabar, Hendrick Makuba.

No comments:

Post a Comment