Monday 24 September 2012

Pantangan Seputar Kehamilan, Mitos atau Fakta? Part 2

Lanjutan dari Part 1

Makan buah, maka janinnya perempuan. Hal ini mungkin saja benar karena buah akn meningkatkan keasaman vagina yang disenangi sel sperma pembawa kromosom X yang merupakan cikal bakal bayi perempuan.

Makan belut, maka janinnya laki-laki. Hal ini juga mungkin saja benar karena untuk mendapatkan bayi laki-laki Ibu hamil memerlukan protein tinggi dan kadar protein belut memang tinggi.


Berhubungan intim selama Keehamilan akan memperlancar persalinan. Kesehatan janin selama dalam rahim tidak ada hubungannya dengan jumlah sperma yang ditengarai sebagai penyubur. Juga tidak ada hubungan dengan frekuensi hubungan intim. Ibu hamil yang memiliki pengalaman keguguran atau bayi lahir premature diingatkan untuk “ puasa” sementara waktu dalam hubungan intim. Karena hubungan intim akan meningkatkan kontraksi otot rahim sehingga janin berpeluang mengalami keguguran atau lahir premature.

Saat ketuban pecah berarti persalinan harus segera dilaksanakan. Umumnya setelah air ketuban pecah masih perlu waktu berjam-jam untuk kontraksi sampai akhirnya bayi lahir. Namun, dengan pecahnya ketuban, proses persalinan harus segera dilakukan karena dikhawatirkan bakteri di vagina masuk ke rahim dan menginfeksi janin.

Susu membuat bayi yang dikandung menjadi cerdas. Hal ini tentu saja benar karena susu selain sumber kalsium, juga kaya kolin yang berperan membentuk penghantaran rangsangan di saraf otak. Dampaknya potensi genetik bayi untuk memiliki memori yang baik dapat dioptimalkan.

Minum es menyebabkan janin besarr. Pantangan minum es selama hamil sering kita dengar. Es ataupun air es tidak mengandung kalori. Berbeda dengan es sirup yang tinggi karbohidrat yang dapat meningkatkan berat badan yang bisa berdampak pada pertambahan berat badan janin. Jadi, unsur gula atau pemanis yang ada dalam es tersebutlah yang mengandung kalori tinggi dan bisa meningkatkan berat badan

Garis regangan jangan digaruk
Ada benarnya karena selama hamil akibat perubahan hormonal dan kulit yang meregang, kulit di daerah perut, panggul, pinngul, dan payudara menjadi gatal. Sebaiknya memang jangan digaruk karena akan menyebabkan kulit luka. Untuk membantu mengatasinya cukup olesi dengan lotion saja.

Mengadopsi anak membuat Anda hamil.
Jika dilihat lebih dalam lagi sebenarnya hal ini mungkin saja terjadi karena secar apsikologis kondisi Ibu lebih tenang. Dengan mengadopsi anak, jiwa Ibu tidak lagi ngoyo untuk segera hamil, sehingga organ reproduksi dapat bekerja optimal dan mempermudah terjadinya pembuahan. Namun dengan catatan pasangan suami istri tidak mengalami gangguan fungsional dan anatomis.

Banyak makan ikan bayi cerdas.
Ikan laut kaya akan yodium yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan janin. Penelitian di Jerman menunjukkan anak-anak dari Ibu yang kekurangan yodium saat hamil, IQ nya 4 point lebih rendah. Selain itu yang terpenting ikan laut banyak mengandung omega 3 asam lemak yang penting bagi perkembangan jaringan otak.
Namun, sekarang banyak ikan di laut yang sudah terkontaminasi logam berat terutama merkuri. Akibatnya beberapa ikan laut menjadi tidak aman dikonsumsi oleh ibu hamil semasa Keehamilan.
Menurut FDA (Food and Drug Administration), Badan pengawasan makanan dan obat di Amerika, ada 4 jenis makanan laut yang masih aman dikonsumsi ibu hamil, ibu menyusui dan balita, yaitu :
1. ikan sardin, sumber kalsium
2. ikan salmon, sumber asam lemak omega-3
3. udang, sumber protein
4. ikad kod yang rendah kandungan lemaknya.
Sekarang bagaimana pendapat kamu dengan Pantangan seputar Keehamilan yang telah diuraikan di atas, Mitos atau Fakta? Mitos atau Faktanya, tergantung dari bagaimana kamu menyikapinya. Apapun itu, berikan yang terbaik untuk si buah hati demi masa depannya kelak.


SEKIAN

No comments:

Post a Comment